MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. SMART CITY

Kota Padang segera terapkan e-Monev untuk pembangunan berkualitas

"Ini masih bagian dari upaya Padang memperkuat E-Pemerintah dalam rangka menuju kota cerdas,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Selasa, 11 April 2017 14:19

Merdeka.com, Mesiotda - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menerapkan sistem elektronik monitoring dan evaluasi berbasis aplikasi dalam jaringan atau e-Monev guna memantau kinerja pembangunan daerah.

"Cara kerjanya terintegrasi dengan banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga memudahkan pengelolaan data dan informasi," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah melalui Sekretaris Daerah Asnel di Padang, Selasa (11/4).

Untuk segera menerapkan sistem tersebut, pihaknya telah menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis pada Senin (10/4).

Salah satu hal yang menjadi tujuan penerapan aplikasi itu, yakni untuk mencegah aliran dana yang tidak berguna, menjadi tepat sasaran sehingga pembangunan lebih berkualitas.

Sesuai Permendagri Nomor 54 Tahun 2010, aplikasi itu akan membantu OPD dalam menyimpan data dan dokumen mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

Dengan begitu, kata dia, dokumen Rencana Pembangunan Jangka Pendek Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategi OPD, Rencana Jangka tahunan akan konsisten dan bersesuaian.

Melalui aplikasi itu, katanya, akan mudah dalam monitoring dan evaluasi atas capaian kinerja pembangunan serta dalam menyusun Laporan Kinerja Kota (Lakip).

"Ini masih bagian dari upaya Padang memperkuat E-Pemerintah dalam rangka menuju kota cerdas," ujarnya dikutip dari Antara.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Padang Rudy Rinaldi mengatakan e-Monev memudahkan informasi terkait dengan realisasi anggaran, capaian kinerja baik prioritas maupun nonprioritas, termasuk juga menyiapkan rencana ke depan.

Saat ini, katanya, pelatihan dan bimbingan teknis telah diberikan kepada tim teknis penyusun rencana jangka masing-masing OPD. Dia berharap, dengan adanya sistem itu dapat meningkatkan pelayanan terpadu di Padang, khususnya dalam pembangunan.

(AS)
  1. Penataan Kota
KOMENTAR ANDA