MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Inilah rumah karya bagi anak jalanan di Kota Kediri

"'Style' mereka memang sangar dan berbeda tapi sebenarnya hati mereka penuh kasih sayang,"

(foto: kedirikota.go.id). ©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Rabu, 19 April 2017 13:36

Merdeka.com, Mesiotda - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mendirikan rumah karya yang diperuntukkan bagi anak jalanan serta anak punk. Dengan adanya rumah karya tersebut diharapkan bisa menjadi wadah pendidikan bagi mereka.

"Rumah karya merupakan langkah Pemerintah Kota Kediri untuk mengatasi permasalahan sosial yakni pengentasan anak jalanan. Dan ini merupakan rumah kedua setelah di Bumi Asri," kata Wali Kota Abdullah Abu Bakar saat peresmian rumah karya itu di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, kemarin.

Ia mengatakan di rumah karya ini, anak jalanan maupun anak punk akan diajari beragam pendidikan, misalnya kejar paket, pelatihan keterampilan, pelatihan mental, dan pendidikan bahasa Inggris "English massive".

Wali Kota Abdullah Abu Bakar menilai, hal itu penting dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pendidikan. Mereka bisa kembali bersekolah ataupun mempunyai keterampilan lainnya.

"Ini langkah jelas yang terstruktur bagi pengentasan anak jalanan ataupun anak punk. Di sini kita jamin pendidikannya. Bagi anak jalanan yang ingin kembali bersekolah mereka dapat mengikuti kejar paket," ujarnya sebagaimana dikutip dari Antara.

Wali Kota juga meminta anak jalanan maupun anak punk yang ada di rumah karya ini tetap menghormati adat dan etika di sini. Ia meminta mereka berlaku sopan. "'Style' mereka memang sangar dan berbeda tapi sebenarnya hati mereka penuh kasih sayang. Dan saya minta semuanya tetap menaati adat dan etika yang berlaku di sini," ujarnya.

Ia berharap, adanya program rumah karya ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ia juga meminta, di tempat ini menjadi ajang menunjukkan kreativitas.

"Jadikan rumah ini sebagai sarana kalian untuk berkreativitas. Dan rumah karya ini bisa menjadi jawaban atas semua permasalahan sosial di Kota Kediri," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto mengatakan di rumah karya ini, terdapat 30 anak yang ditampung. Mereka akan mendapatkan pembinaan dari petugas terkait. "Ada 30 anak yang ditampung. Nantinya mereka mendapatkan dampingan dari petugas," katanya.

(AS)
  1. Penataan Kota
  2. Inspirasi
KOMENTAR ANDA