MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. BEST PRACTICE

Buka komunikasi warga dengan twitter, Ganjar tercatat di rekor MURI

"Mungkin yang bisa menyaingi cuma Donald Trump (Presiden Amerika Serikat), tapi adinda Ganjar ini yang jelas satu-satunya gubernur di dunia."

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Senin, 06 Februari 2017 15:58

Merdeka.com, Mesiotda - Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menganugerahkan rekor dunia pada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ganjar menjadi gubernur pertama di dunia yang menggunakan twitter sebagai media interaksi dengan masyarakat.

Piagam rekor diserahkan Ketua Umum MURI Jaya Suprana di Museum MURI Semarang, Jumat (27/1). Penyerahan dilakukan bersamaan dengan peresmian Museum MURI oleh Ganjar Pranowo.

Jaya Suprana mengatakan, aktifitas Ganjar ber-twitter tidak ada tandingannya di dunia. Terlebih, Ganjar bukan hanya berkicau untuk dirinya sendiri. Melainkan
menggunakan sarana fasilitas microblogging itu untuk berkomunikasi dengan warga Jawa Tengah.

"Mungkin yang bisa menyaingi cuma Donald Trump (Presiden Amerika Serikat), tapi adinda Ganjar ini yang jelas satu-satunya gubernur di dunia," katanya.

Ganjar Pranowo menggunakan twitter dengan akun @ganjarpranowo. Sampai berita ini ditulis, followernya tercatat sebanyak 889 ribu. Meski secara follower masih kalah jauh dibanding Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaya Purnama, bahkan Walikota Bandung Ridwan Kamil, namun Ganjar unggul dalam jumlah tweet perhari, jumlah interaksi dengan warga, bahkan total tweet seluruhnya.

Total tweet Ganjar hingga kini mencapai 72.319. Sedangkan Ahok 2449 dan Kang Emil 40.824. Dalam sehari, Ganjar bisa tanya jawab dengan follower mencapai ratusan tweet. Luar biasanya, semua dilakukan Ganjar sendiri alias tidak menggunakan admin khusus.

Twitter Indonesia bahkan mengapresiasi ketekunan Ganjar berkicau dengan membuatkan aplikasi khusus. Twitter Kemala namanya. Dengan tagar #KemalaJateng maka seluruh aduan masyarakat akan dipilah berdasar kewenangan dan diteruskan ke dinas terkait.

Ganjar mengaku sengaja menggunakan twitter karena sarana itu paling mudah, murah, dan cepat. Ia menggunakan twitter sejak masih menjabat anggota DPR RI. Ketika menjadi gubernur, ia mewajibkan seluruh pejabat teras dan dinas membuat akun twitter dan aktif menggunakannya.

"Sekarang saya hanya menjawab singkat-singkat saja dan mention ke dinas terkait. Saat itu juga harus ditindaklanjuti. Dalam 2x24 jam tidak ada tindak lanjut, kursi dia
hilang," katanya.

Twitter menurutnya sangat membantu dalam menggali persoalan warga. Wilayah Jateng yang sangat luas, sehingga Ganjar tak bisa setiap hari turun ke daerah.

"Kalau saya seperti Pak Jokowi blusukan di 35 kabupaten kota maka bisa keblusuk bener. Twitter ini lah sarana saya blusukan secara virtual," jelasnya.

(AS)
  1. Pemimpin Daerah
  2. Nasional
KOMENTAR ANDA