MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Batam mulai terapkan musrenbang elektronik

"Tahun ini kami mulai e-planning untuk musrenbang sehingga data yang ada masuk di awal, tidak ada lagi di tengah jalan, ujung jalan,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Senin, 06 Februari 2017 23:16

Merdeka.com, Mesiotda - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mulai menerapkan perencanaan Musrenbang secara elektronik pada tahun 2017.

"Tahun ini kami mulai e-planning untuk musrenbang sehingga data yang ada masuk di awal, tidak ada lagi di tengah jalan, ujung jalan," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Senin (6/2).

Seperti dikutip Antara, musrenbang di tingkat kelurahan akan dimulai di akhir Februari dengan sistem elektronik. Masyarakat yang memiliki aspirasi bisa menyalurkannya dengan memasukan keinginannya kepada operator di kelurahan.

Selain masyarakat, legislatif juga dapat memasukkan pokok pikiran dalam perencanaan musrenbang secara elektronik ini. Setiap anggota dewan diberikan satu kode akses untuk masuk ke dalam sistem.

"Yang penting persyaratannya lengkap. Seluruh persyaratan lengkap, masuk. Misalnya bangun jalan. Lokasi di mana, status tanahnya," kata Rudi.

Seluruh usulan yang masuk, kemudian akan dibahas dalam rapat bersama DPRD untuk ditetapkan yang layak diteruskan dan masuk dalam APBD. "Tidak ada seleksi, nanti dibahas bersama DPRD," kata Wali Kota.

Sementara itu, Ketua I DPRD Kota Batam Zainal Abidin mengajak seluruh legislator memanfaatkan fasilitas itu.

"Saya imbau rekan-rekan anggota DPRD jangan ketinggalan lakukan musrenbang di kelurahan. Karena di situlah titik awal pokok pikiran DPRD. Apalagi tahun ini mulai e-musrenbang," kata Zainal.

Ia berharap dengan fasilitas e-planning musrembang itu, maka penetapan APBD bisa tepat waktu.

Apalagi, selama ini dalam pembahasan APBD selalu terjadi tarik ulur antara Pemerintah dengan DPRD Kota Batam saat memasukkan program-program pembangunan.

"Ke depan, kami sama-sama sepakati pengesahan APBD di bulan November. Dengan adanya e-musrenbang ini tidak ada lagi kecurigaan," kata dia.

(AS)
  1. Musrenbang
KOMENTAR ANDA