MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Peringatan Hari Otonomi Daerah diharap jadi evaluasi kinerja

“Sejak dimulainya pelaksanaan otonomi daerah pada tahun 2000, capaian kinerja pemerintah daerah masih bervariasi antar-antar daerah,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Rabu, 26 April 2017 13:05

Merdeka.com, Mesiotda - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jenderal (Purn) Wiranto mengatakan Peringatan Hari Otonomi Daerah harus menjadi momentum bersama untuk mengevaluasi kinerja pelaksanaan otonomi di daerah. Hal itu disampaikan pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke 21 Tahun 2017 di Alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur kemarin.

“Sejak dimulainya pelaksanaan otonomi daerah pada tahun 2000, capaian kinerja pemerintah daerah masih bervariasi antar-antar daerah. Ada yang sudah berkinerja tinggi, ada yang sedang dan ada pula yang masih rendah," ujarnya.

Sebab itu menurutnya, upaya untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah harus dilaksanakan kerja sama yang solid, melibatkan seluruh komponen di daerah, baik kelompok masyarakat maupun dunia usaha.

Dalam hal ini, ujar Wiranto, Presiden Joko Widodo mengimbau dan menekankan bahwa setiap pemerintah daerah, wajib memberikan kemudahan bagi kalangan dunia usaha. “Ini dalam rangka meningkatkan dan mendorong perluasan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, ia juga memberi ucapan selamat kepada daerah yang menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, disematkan kepada daerah-daerah berprestasi antara lain Kota Makassar, Surabaya, Samarinda, Mojokerto, Gorontalo, Bandung, Depok, Banjar, Bontang dan Sukabumi.

“Dan selamat bagi telah mendapatkan penghargaan dan apresiasi. Yang belum, barangkali dan mudah-mudahan hanya merupakan penghargaan dan apresiasi yang tertunda. Dan tentu pada saat-saat tertentu akan mendapat giliran yang sama dengan yang sudah mendapatkannya,” katanya.

(AS)
  1. Hari Otonomi Daerah
KOMENTAR ANDA