MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Manfaatkan teknologi, Pemkab Purwakarta luncurkan program Kampung Gaul

"Seluruh desa ini ditargetkan dapat dijangkau jaringan internet melalui Program "Kampung Gaul" pada awal tahun 2018,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Jum'at, 14 April 2017 10:40

Merdeka.com, Mesiotda - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan merealisasikan "Kampung Gaul" dengan menyediakan fasilitas jaringan internet di seluruh desa sekitar Purwakarta.

Kabid Jaringan Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informasi setempat Enung Asikin, di Purwakarta, kemarin mengatakan, jumlah desa di wilayah tersebut mencapai 183 desa.

"Seluruh desa ini ditargetkan dapat dijangkau jaringan internet melalui Program "Kampung Gaul" pada awal tahun 2018," katanya dikutip Antara.

Menurut dia, saat ini sebanyak 60 desa dari total 131 desa di sekitar Purwakarta sudah terkoneksi jaringan internet, dengan kecepatan jaringan 2 mbps.

Desa-desa yang belum memiliki jaringan internet saat ini ada 71 desa dan akan segera terkoneksi tahun ini. "Sisanya pertengahan tahun ini sudah bisa selesai," kata dia.

Program "Kampung Gaul" itu sendiri bertujuan menciptakan masyarakat desa yang "melek" internet agar promosi potensi dan hasil pembangunan di pedesaan dapat terpublikasi secara seketika.

Jaringan internet yang digunakan di desa-desa merupakan jaringan satelit yang sudah disesuaikan dengan tipologi kontur wilayah pedesaan, terdiri atas perbukitan yang sebenarnya sulit menerima sinyal.

Untuk kegiatan tersebut pihaknya mengaku menghabiskan dana sebesar Rp900 Juta.

Sementara sebelumnya, Pemkab Purwakarta sudah menyediakan spot WiFi yang tersebar di beberapa titik sekitar wilayah perkotaan. Warga dalam dan luar Purwakarta bebas mengaksesnya melalui free-pwk.istimewa@wifi.id.

Area Taman Air Mancur Sri Baduga, Taman Maya Datar dan Taman Pancawarna, Taman Pesanggrahan Padjadjaran, serta Taman Pembaharuan menjadi spot favorit warga untuk menggunakan jaringan internet ini.

"Untuk daerah kota sudah kita lakukan pemasangan sejak lama, kecepatannya kita tambah menjadi 100 mbps plus akses 24 jam nonstop," kata dia.

(AS)
  1. Inovasi
KOMENTAR ANDA