MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Pelajar Jateng bakal nikmati angkutan gratis

"Dengan demikian, para siswa terutama yang dari keluarga miskin tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk ke sekolah."

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Rabu, 03 Mei 2017 09:22

Merdeka.com, Mesiotda - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggagas angkutan umum gratis yang disediakan sekolah maupun pemerintah untuk mengangkut para pelajar.

Saat ini Ganjar menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jateng tengah melakukan uji coba di Kabupaten Kebumen. Angkutan tersebut semacam bus sekolah namun memakai angkutan sekolah dan para siswa yang naik dibantu oleh pemkab sehingga para siswa ini tidak perlu membayar tarif angkutan.

"Dengan demikian, para siswa terutama yang dari keluarga miskin tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk ke sekolah," kata Ganjar di Semarang, kemarin seperti dilansir Antara.

Terkait dengan sistem pembayarannya, pihak perusahaan angkutan yang akan mengklaim tarif transportasi para siswa ke Pemkab Kebumen.

Menurut Ganjar, terobosan seperti itu sangat tepat diterapkan di berbagai daerah di Jateng karena selain meringankan beban para siswa dari keluarga miskin, juga menjadi solusi bagi siswa yang mengikuti pelajaran di sekolah sampai sore.

"Saya membayangkan dari model angkutan sekolah seperti ini, caranya beragam. Bisa pihak sekolah membeli armada atau penerapan model transportasi sekolah seperti di Kebumen dan ini merupakan cara-cara agar masyarakat mendapat akses dalam belajar," ujarnya.

Terkait dengan hal itu, kata Ganjar, dibutuhkan partisipasi masyarakat, orang tua, serta pemerintah. "Perlu peran aktif dari semua pihak untuk mewujudkan hal ini," kata politikus PDI Perjuangan itu.

(AS)
  1. Inovasi
  2. Pendidikan
KOMENTAR ANDA