MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Lolos seleksi 25 kota, Sukabumi siap-siap jadi kota cerdas

"Alhamdulillah Kota Sukabumi lolos seleksi Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo," kata Gabriel.

Ilustrasi smart city. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Senin, 15 Mei 2017 12:50

Merdeka.com, Mesiotda - Kota Sukabumi, Jawa Barat, masuk delapan besar daerah yang dianggap siap manjadi kota cerdas atau 'smart city' dari 25 kota dan kabupaten yang lolos seleksi.

"Alhamdulillah Kota Sukabumi lolos seleksi Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo yang merupakan daerah yang siap menuju 'smart city'," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi Gabril Sukarman di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya dari 514 kota dan kabupaten di Indonesia hingga saat ini belum ada satu yang sudah menjadi 'smart city' karena baru tahap kesiapan.

Daerah-daerah yang masuk gerakan menuju 100 'smart city' telah diseleksi kembali oleh Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, dan menjadi 25 daerah, antara lain Kota Sukabumi.

Kabar bahwa Kota Sukabumi lolos seleksi diketahui setelah pihaknya menerima surat dari Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI Nomor 265/KOMINFO/DJAl/Al.01.05/05/2017.

Progam 'smart city' ini sesuai dengan visi Kota Sukabumi yang tercantum rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2005-2015 yakni terwujudnya daerah sebagai pusat pelayanan berkualitas bidang pendidikan, kesehatan dan perdagangan di Jabar.

"Untuk mewujudkannya melalui pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi terutama untuk mewujudkan pelaksanaan e-government," ujarnya.

Gabriel mengatakan, 'smart city' merupakan salah satu tujuan Pemkot Sukabumi sebagai upaya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat melalui data dan informasi aplikasi yang digunakan di setiap kedinasan badan usaha milik daerah.

(MT/MT)
  1. Inovasi
  2. Info Daerah
KOMENTAR ANDA