MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. SMART CITY

Mulai Agustus, Padeglang luncurkan smart city

Smart city merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan efisien.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Senin, 15 Mei 2017 12:25

Merdeka.com, Mesiotda - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita menargetkan pada Agustus 2017 program smart city sudah bisa berjalan. Segala persiapan telah dilakukan.

"Agustus sudah harus berjalan, saya menekankan pada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk melakukan persiapan agar bisa diluncurkan sesuai jadwal," katanya di Pandeglang seperti dilansir dari antara, Minggu (14/5).

Smart city merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan efisien dan memberikan informasi tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya ataupun mengantisipasi kejadian yang tak terduga. "Dengan kerja keras dan dukungan berbagai pihak, termasuk masyarakat, program apapun, seperti kota pintar akan bisa diwujudkan," katanya.

Bupati juga berharap konsep smart city ini segera diterapkan di Pandeglang karena dapat memberikan informasi tepat kepada masyarakat atau mengantisipasi kejadian yang tak terduga. "Itu bisa kami wujudkan dengan adanya taman pintar, e-planning dan e-budgeting agar lebih terarah, efisien dan terukur," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik Kabupaten Pandeglang Yahya Gunawan Kasbin menyatakan persiapan terus dilakukan dan diharapkan bisa diwujudkan pada Agustus 2017, atau sesuai target yang ditetapkan. Ia menyatakan, persiapan pembentukan kota pintar telah dilakukan sejak tahun lalu atau setelah dilaksanakan penandatanganan kerja sama dengan pemerintah Kota Bandung yang telah melaksanakan program tersebut.

"Setelah kami melakukan kerja sama tersebut, ada beberapa hal yang kami adobe untuk dapat diterapkan di Pandeglang walaupun tidak mudah," katanya.

Program kota pintar merupakan program terintegrasi yang memadukan perkembangan teknologi dan kualitas sumber daya manusia (SDM). "Untuk mewujudkan kota pintar, kita harus bisa memadukan antara perkembangan teknologi dan SDM, memang tidak mudah tapi tetap akan diupayakan dan itu merupakan salah satu program unggulan," katanya.

(MH/MT)
  1. Pelayanan Publik
KOMENTAR ANDA