MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Kelola tata pemerintahan, Kemendagri siap jadi mentor Pemda

"Daerah otonom diharapkan punya tata kelola pemerintahan yang baik dan penuh inovasi."

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.. ©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Selasa, 18 April 2017 06:35

Merdeka.com, Mesiotda - Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) siap melakukan pembinaan terhadap pemerintah daerah untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang efektif.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menekankan bahwa tata kelola pemerintahan yang efektif menjadi kunci peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu jalan adalah dengan menciptakan inovasi pelayanan serta sistem pemerintahan yang baik, terlebih bagi daerah otonom.

"Daerah otonom diharapkan punya tata kelola pemerintahan yang baik dan penuh inovasi," ujar Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (17/4/2017).

Dia mengatakan salah satu konsekuensi logis dari implementasi pemerintahan yang efektif adalah dibuka seluas-luasnya pelayanan kepada masyarakat.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kesejahteraan rakyat dapat terwujud melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat.

"Dalam melaksanakan pembangunan daerah, pemerintah daerah melalui RKPD Tahun 2018 seyogyanya mengakomodasi aspirasi masyarakat," ujar Tjahjo.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri selalu membuka diri untuk bersama-sama dengan seluruh Kementerian/Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dalam upaya pembinaan terhadap pemerintahan daerah.

"Pemerintah Daerah harus lebih aktif dalam memberikan informasi, masukan, kritikan yang dibutuhkan dalam menciptakan pemerintahan nasional yang efektif," tambah Tjahjo.

(AS)
  1. Inovasi
KOMENTAR ANDA