MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Begini cara Pemkab Lumajang garap UMKM

"UMKM harus tetap menjaga kualitas produk dan kemasan produk."

Ilustrasi.. ©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Jum'at, 28 April 2017 16:19

Merdeka.com, Mesiotda - Sejumlah produk unggulan warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dipamerkan di Desa Gesang, kabupaten setempat. Sejumlah produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) digelar pada acara yang disebut "Bulan Promosi Produk UMKM" yang digelar

Pelaksana tugas Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Lumajang Susianto sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena gebyar promosi UMKM di Desa Gesang, Kecamatan Tempeh dapat menjadi ajang pelaku usaha untuk mengenalkan produk unggulannya.

"Saya berharap pelaku UMKM harus tetap menjaga kualitas produk dan kemasan produk, sehingga melalui kegiatan inilah, usaha pemerintah mempromosikan dan mengenalkan produk unggulan UMKM Lumajang," ucapnya, Jumat (28/4).

Seperti dilansir Antara, aneka produk UMKM seperti makanan dan minuman olahan, kerajinan tangan, pernak-pernik, batik tulis lumajangan, baju, hasil pertanian hidroponik, olahan susu kambing Senduro dan sebagainya pada 50 stan dipamerkan dalam kegiatan itu.

Hadir dalam acara tersebut Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Abdul Madjid, Kepala Dinas Perdagangan Agus Eko, Plt Kepala Dinas Kominfo Gatot Suprabowo, Pokja 2 Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang, beserta Forkopimka Kecamatan Tempeh.

"Bulan promosi produk UMKM itu akan diadakan selama 2 hari, yakni tanggal 28 - 29 April 2017 yang bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pelaku usaha mempromosikan produk unggulannya," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lumajang Abdul Madjid.

Ia mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperkenalkan produk-produk unggulan dari pelaku usaha di Lumajang yang selama ini masih kesulitan dalam hal pemasaran dan promosi.

"Meskipun ada banyak UMKM yang berkembang di Kabupaten Lumajang, hanya sebagian produk yang dikenal karena pelaku UMKM masih kesulitan dalam mempromosikan produknya dan tahap promosi produk selama ini masih menjadi kendala bagi pelaku UMKM di Lumajang," tuturnya.

Sementara Camat Tempeh Trikondo Cahyono merasa terbantu dengan kegiatan Bulan Promosi UMKM dalam mempromosikan usaha di Kabupaten Lumajang, khususnya kecamatan Tempeh.

"Kami sangat terbantu dengan kegiatan ini, saya berharap semua pihak bisa bekerja sama memajukan produk usaha lumajang, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Nawala Tempeh juga diharapkan bisa membantu menginformasikannya," ujarnya.

(AS)
  1. Inovasi
KOMENTAR ANDA