MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. SMART CITY

Terkesan dengan inovasi Bandung, Mendagri harap daerah lain mengikuti

Setidaknya terdapat sekitar 400 program yang dikembangkan Pemkot Bandung akan ia coba sosialisasikan kepada daerah lainnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. ©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Selasa, 07 Maret 2017 12:53

Merdeka.com, Mesiotda - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku terkesan dengan seluruh program inovasi yang digagas Pemerintah Kota Bandung. Terutama pada aplikasi "Command Center" yang dapat mendeteksi seluruh administrasi dan permasalahan yang ada di Kota Bandung.

"Ini yang saya kira patut diapresiasi. Tinggal pencet, satu kelurahan di Bandung sudah bisa kelihatan jumlah penduduknya berapa, laki-laki berapa wanita berapa, yang punya KTP berapa semua sudah bisa," kata Tjahjo saat mengunjungi Balai Kota Bandung, kemarin.

Tjahjo sengaja datang menemui Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai melantik beberapa pejabat di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang. "Ya kami hari ini dari Jatinangor kami melantik beberapa pejabat IPDN. Ya kami diam-diam berkunjung ke kantornya Pak Wali Kota ini," kata Tjahjo di Balai Kota Bandung, seperti dikutip dari Antara.

Kedatangan Tjahjo ini untuk meninjau langsung program Smart City serta berbagai inovasi yang telah dikembangkan Pemerintah Kota Bandung. Sebab beberapa program yang digagas Ridwan Kamil akan juga dijadikan percontohan bagi pemerintah daerah lainnya. "Kemudian Wali Kota yang banyak mendapatkan penghargaan, banyak inovasinya. Saya kira menjadikan Kota Bandung ini sebagai kota percontohan lah setidaknya," kata dia.

Tjahjo menuturkan, setidaknya terdapat sekitar 400 program yang dikembangkan Pemkot Bandung akan ia coba sosialisasikan kepada daerah lainnya. Hal ini untuk mendukung penataan tata kelola pemerintahan yang baik diseluruh Indonesia. "Saya kira kalau ini bisa seragam dengan baik ini akan mudah," kata dia.

Ia mengaku berharap, Pemkot Bandung dapat terus mengembangkan segala bentuk inovasinya serta menjadi percontohan bagi daerah lainnya. "Bandung ini kota yang khusus ya, kota bersejarah, kota budaya, kota pendidikan, kota transit, dan kota pariwisata, saya kira ini bisa untuk menumbuhkan pertumbuhan daerah dengan baik," kata dia.

(AS)
  1. Penataan Kota
  2. Inovasi
KOMENTAR ANDA