MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. PILKADA

TPS diminta kreatif ciptakan suasana yang menggembirakan

Sumarsono meminta kepada penyelenggara pemungutan suara untuk menciptakan suasana yang menggembirakan di TPS dengan menghadirkan hiburan.

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Selasa, 14 Februari 2017 10:32

Merdeka.com, Mesiotda - Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono, mendorong partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2017. Pilkada serentak dilaksanakan Rabu 15 Februari 2017. Diberbagai kesempatan Sumarsono meminta kepada penyelenggara pemungutan suara untuk menciptakan suasana yang menggembirakan di TPS dengan menghadirkan hiburan.

Sumarsono yang pada 11 Februari telah selesai sebagai plt Gubernur DKI Jakarta, mencontohkan TPS di Taman Suropati Menteng, dihibur dengan iringan biola yang selama ini kerap latihan di sana.

Untuk memacu partisipasi penyelenggaraan di kalangan kelurahan, Pemda DKI berencana memberikan anugerah demokrasi bagi kelurahan terbaik dalam penyelenggaraan Pilkada berdasarkan 3 kriteria. Tiga kriteria tersebut yaitu, tingkat partisipasi masyarakat yang dinilai oleh KPUD, tingkat pelanggaran yang dinilai oleh bawaslu dan tingkat kenyamanan di TPS yang dinilai oleh camat setempat.

Hingga saat ini, persiapan penyelenggara pilkada serentak di seluruh Indonesia sudah hampir 99 persen. Hanya ada kendala distribusi surat suara di beberapa daerah karena lokasi yang cukup sulit.

(AS)
  1. Pilkada Serentak
KOMENTAR ANDA