MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. PILKADA

Dirjen Otda sebut tak ada lagi kendala teknis dan anggaran pilkada

"Semua sudah, hari ini hampir tidak terjadi masalah, untuk anggaran terutama di Papua barat hari ini semua dicairkan entah bagaimana caranya,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Selasa, 14 Februari 2017 22:56

Merdeka.com, Mesiotda - Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soni Sumarsono mengungkapkan dari semua kendala teknis serta anggaran sudah diselesaikan, sebelum hari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

"Semua sudah, hari ini hampir tidak terjadi masalah, untuk anggaran terutama di Papua barat hari ini semua dicairkan entah bagaimana caranya dengan dana talangan, yang semula dikhawatirkan anggaran itu dibagi dua, 2016 sama 2017, kemarin 2017 itu kan menunggu pelantikan pejabat pengelola keuangan, pelantikan itu menunggu persetujuan Mendagri," kata Soni di kantornya, Jakarta, Selasa (14/2).

Apalagi, kendala tak ada anggaran untuk panitia Panwaslu yang mengaku alami kekurangan dana, sudah dapat diselesaikan saat ini. Selain itu, menurut Soni khusus untuk Papua Barat Sudah dikucurkan sebanyak Rp 3,5 miliar untuk pelaksanaan Pilkada serentak.

"Kita sudah setujui dan sudah dilantik, dan uang sudah ditransfer ke bendahara dengan demikian, seluruh persoalan sudah selesai, hanya lebih kurang Rp 3,5 miliar kabupaten di Papua barat dan itu bisa ditalangi dgn cara-cara mereka sendiri sehingga apa yang dikhawatirkan Panwas bisa diselesaikan," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengakui terdapat beberapa kendala pelaksanaan Pilkada serentak. Sejumlah daerah diketahui masih mengalami masalah.

"Di beberapa daerah masih ada yang belum terkejar, seperti Papua Barat, di Membramo dan KPI di Aceh Timur juga belum selesai," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

Meski masih mengalami masalah di beberapa daerah, Tjahjo yakin pelaksanaan pilkada serentak berjalan sesuai rencana. Sebab, dana pelaksanan pilkada sebenarnya telah dimiliki daerah.

(AS)
  1. Pilkada Serentak
KOMENTAR ANDA