MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. PILKADA

Begini penjelasan KPU Lanny Jaya tentang penggunaan noken saat pilkada

"Yang sebenarnya adalah noken pengganti kotak suara, mekanisme pencoblosan tetap jalan. Nah ini yang belum dipahami oleh masyarakat,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Jum'at, 10 Februari 2017 11:34

Merdeka.com, Mesiotda - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, menyatakan masyarakat boleh memasukkan surat suara pilkada yang sudah dicoblos ke dalam noken karena tempat itu sebagai pengganti kotak suara.

Ketua KPU Kabupaten Lanny Jaya Tanus Kogoya ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat (10/2), mengatakan pentingnya pemahaman yang benar masyarakat setempat terkait dengan noken dalam pesta demokrasi di daerah setempat. "Yang sebenarnya adalah noken pengganti kotak suara, mekanisme pencoblosan tetap jalan. Nah ini yang belum dipahami oleh masyarakat," ujarnya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan pemahaman masyarakat yang terbatas terhadap sistem noken maka mereka selalu beranggapan bahwa noken adalah sistem ikat. Intinya, katanya, masyarakat tetap datang ke tempat pemungutan suara pada 15 Februari 2017 untuk mencoblos surat suara pilkada. Surat itu kemudian dimasukkan ke noken.

"Entah sudah sepakat dengan sistem ikat di noken, yang penting datang ke TPS untuk nyoblos kertas suara, kemudian dimasukkan ke noken. Hal inilah yang perlu dipahami oleh masyarakat," tambahnya.

Ia mengatakan kalau penggunaan noken diterjemahkan sebagai suatu sistem maka tidak dilakukan pencoblosan. "Jadi datang duduk langsung ikat noken dan tidak melakukan pencoblosan, ini merupakan satu pelanggaran," ujarnya.

Ia mengatakan sistem noken dan pencoblosan harus berjalan seiring dalam pemilihan. "Jadi sistem noken dan pencoblosan itu harus berjalan, kami harap pemilu itu harus berjalan normal, undang-undang tentang pemilu itu harus dipatuhi," ujarnya.

Noken sendiri yakni sebuah kantung yang terbuat dari anyaman tali dan biasanya digunakan masyarakat Papua untuk membawa barang. Dan kemudian, sistem noken digunakan saat Pilkada untuk menjaga kearifan lokal masyarakat setempat. Mahkamah Konstitusi mengakui dan mengesahkan penggunaan noken dalam pemilihan umum di Papua tersebut.

Pada hari pemilihan di Kabupaten Lanny Jaya, disiapkan 400 TPS tersebar di 39 distrik, 355 kampung/desa, dan satu kelurahan. Warga setempat yang masuk daftar pemilih tetap tercatat 113.366 orang.

(AS)
  1. Pilkada Serentak
KOMENTAR ANDA