MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Pemkab Situbondo siapkan kapal cepat untuk mudik gratis ke Pulau Raas

"Lebaran tahun ini kami sengaja mengajukan ke Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur guna antisipasi melonjaknya penumpang," kata Tulus.

Ilustrasi kapal cepat. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Senin, 29 Mei 2017 11:35

Merdeka.com, Mesiotda - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur telah menyiapkan kapal cepat untuk mudik gratis Hari Raya Idul Fitri 2017 dari Pelabuhan Feri Jangkar di Situbondo menuju Pulau Raas di Kabupaten Sumenep, Madura.

"Mudik gratis kapal cepat tujuan Pelabuhan Feri Jangkar-Pulau Raas pulang pergi (PP) Lebaran tahun ini kami sengaja mengajukan ke Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur guna antisipasi melonjaknya penumpang kapal seperti tahun sebelumnya," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo, Tulus Triadmaji di Situbondo, seperti dikutip dari Antara, Senin.

Menurutnya, kapal cepat yang akan mengangkut pemudik tujuan kepulauan Madura, itu akan mulai dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2017 atau diperkirakan pada "H-9" Lebaran.

Oleh karena itu, katanya, bagi para pemudik yang hendak memanfaatkan mudik gratis kapal cepat tersebut untuk segera mendaftarkan diri kepada petugas Pelabuhan Jangkar mulai 5 Juni 2017.

"Bagi masyarakat yang akan mendaftar cukup menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP-e) atau jika tidak memiliki kartu identitas menggunakan surat keterangan domisili (pengganti KTP-e) atau kartu keluarga (KK)," katanya.

Ia mengemukakan bahwa mudik gratis tersebut dilaksanakan sebanyak enam kali pulang pergi (Jangkar-Raas) dengan kapasitas kapal sebanyak 360 penumpang satu kali jalan dan kapal cepat tersebut dapat menempuh sekitar tiga jam (lebih cepat satu jam kapal veri).

"Untuk pemberangkatan perdana akan dilaksanakan dari Pelabuhan feri Jangkar Situbondo pada 17 Juni 2017 dan total keseluruhan jumlah penumpang yang akan diangkut sekitar 2.160 orang," tuturnya.

Tulus menambahkan, jadwal pemberangkatan kapal cepat mudik gratis itu yakni tujuan Jangkar- Raas pada 17 hingga 18 Juni 2017 dan 3 hingga 4 Juli 2017. Sedangkan tujuan Raas-Jangkar 17 hingga 18 Juni 2017 dan 3 hingga 4 Juli 2017.

(MT/MT)
  1. Info Daerah
KOMENTAR ANDA