MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Orderan tinggi, tepung kelapa asal Sulses tetap diminati Russia

"Pada bulan April 2017, tepung kelapa yang diekspor ke Rusia dalam beberapa kali pengiriman," kata Jenny.

Ilustrasi kelapa. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Jum'at, 26 Mei 2017 14:53

Merdeka.com, Mesiotda - Permintaan tepung kelapa asal provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari Rusia cukup tinggi, tercermin dari pengiriman produk tersebut yang cukup banyak.

"Pada bulan April 2017, tepung kelapa yang diekspor ke Rusia dalam beberapa kali pengiriman," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Jumat.

Dikutip dari Antara, Jenny mengatakan selama bulan April 2017, tepung kelapa yang diekspor ke Rusia sebanyak 182 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 392.483 dolar AS.

Dia menjelaskan melihat permintaan yang cukup tinggi dari Rusia, maka harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor Sulut.

Makin banyak volume ekspor tepung kelapa ke Rusia, ditandai makin stabilnya pasar di negara tersebut, kalau tahun-tahun lalu hanya menjadi pasar alternatif, tetapi dua tahun terakhir sudah jadi pasar konstan.

"Saat ini ekspor ke Rusia sudah berlangsung secara kontinu, tiap bulan pasti ada ekspor ke negara tersebut," katanya.

Bahkan dari informasi diperoleh bahwa kebutuhan tepung kelapa Rusia sebenarnya sangat besar, tetapi belum dapat dioptimalkan karena keterbatasan industri tepung kelapa yang dapat merambat ke negara tersebut.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi agar komoditi unggulan daerah bisa dijual di semua negara dunia.

(MT/MT)
  1. Info Daerah
KOMENTAR ANDA