MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Mendagri dorong daerah deteksi dini gangguan keamanan

“Langkah stabilitas yang kami harapkan yakni adanya deteksi dini serta pemetaan potensi-potensi yang mempengaruhi ketidakamanan di daerah,”

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Rabu, 08 Maret 2017 19:36

Merdeka.com, Mesiotda - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dorong sinergitas daerah dan pusat dalam menghadapi gejolak di masyarakat. Apalagi, hal itu turut mempersiapkan keamanan dan ketertiban segala kondisi yang ada.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya terus membangun tata kelola yang efektif. “Prinsip membangun tata kelola yang efektif, yakni dengan terus melakukan koordinasi, sinergi sebagai upaya mengkoordinasikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat,” tutur Tjahjo, Rabu (8/3).

Tjahjo menambahkan peran pemerintah daerah dalam menciptakan iklim serta stabilitas keamanan cukuplah penting. Selain itu, dia mendorong peran pemerintah daerah untuk mengawasi pergerakan setiap pemantik gangguan keamanan.

“Langkah stabilitas yang kami harapkan yakni adanya deteksi dini serta pemetaan potensi-potensi yang mempengaruhi ketidakamanan di daerah,” ujarnya.

Terakhir, Tjahjo menggandeng peran tokoh masyarakat dalam menjaga keamanan. Serta melibatkan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dalam membangun daerah. Hal ini, menurutnya sebagai modal sosial untuk mempererat komunikasi dengan masyarakat.

(AS)
  1. Keamanan Daerah
KOMENTAR ANDA