MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Kemendagri lakukan pembinaan daerah dorong investasi

Kami mendorong daerah untuk melakukan kerja sama serta promosi penanaman modal, ini sebagai upaya kesiapan daerah guna meningkatkan iklim usaha.

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Kamis, 23 Februari 2017 09:42

Merdeka.com, Mesiotda - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus melakukan pembinaan kepada daerah-daerah di Indonesia untuk meningkatkan iklim usaha dan investasi. Mendagri menilai Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) tidak lepas dari faktor iklim usaha dan investasi.

“Untuk mencapai target Laju Pertumbuhan Ekonomi diatas 5,1 persen, Kemendagri terus berupaya mendorong kesiapan daerah,” ungkap Tjahjo di Jakarta, Rabu (22/2).

Adapun upaya yang dilakukan Kemendagri dalam peningkatan iklim usaha yakni memfasilitasi pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Kami mendorong daerah untuk melakukan kerja sama serta promosi penanaman modal, ini sebagai upaya kesiapan daerah guna meningkatkan iklim usaha dan investasi,” ungkap Tjahjo.

Pemerintah pusat menurut Mendagri harus mendukung kesiapan daerah untuk melakukan kerja sama baik kerja sama bilateral, regional, dan multilateral. Dia mengungkapkan dalam arahannya, pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah sangat bergantung pada tata kelola perdagangan dalam negeri.

“Menyangkut masalah inflasi, menyangkut masalah berbagai hal dalam kontek yang ada. Sumber inflasi saya kira jelas. Mulai cabe, beras ,minyak kelapa , bawang, dan lainnya. Nah pengelolaan ini yang saya kira harus terus dibenahi dalam kerangka tata kelola ini,” ungkap Tjahjo.

Fokus pada investasi, Mendagri juga meminta daerah untuk meningkatkan penyelenggaraan terhadap pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu. Serta dia juga mengingatkan daerah untuk melakukan pengendalian pelaksanaan investasi.

(AS)
  1. Investasi
KOMENTAR ANDA