MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Disdukcapil Kota Bogor kembangkan inovasi ruang biru

"Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Jum'at, 31 Maret 2017 12:09

Merdeka.com, Mesiotda - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, Jawa Barat, mengembangkan inovasi ruang biru atau "blue room". Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan layanan informasi kependudukan guna mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dody Ahdiyat mengatakan blue room ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan semua pihak, termasuk aparat kepolisian dan aparat keamanan lain terkait kriminalitas.

Ia menjelaskan, kehadiran ruang biru sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan terutama tentang pemanfaatan data penduduk sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan di semua satuan kerja perangkat daerah lingkup Kota Bogor.

Sebagaimana dikutip Antara, fungsi lain ruang biru Disdukcapil tersebut sebagai ruang informasi dan pengaduan layanan kependudukan dan catatan sipil di Kota Bogor. Hal ini dengan memanfaatkan semua media mulai dari media sosial dan berbagai media lainnya.

"Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan," katanya kemarin.

Dodi mengatakan, fungsi utama pembangunan ruang biru Disdukcapil adalah untuk menyajikan data kependudukan secara 'real time' atau setiap waktu yang diaplikasikan melalui 'dashboard' Disdukcapil Kota Bogor yang terletak di Jl Achmad Adnawijaya, Bantar Jati.

"Aplikasi ini kita sebut sistem informasi data administrasi kependudukan atau disingkat Sitanduk," katanya.

Sitanduk mengambil data dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan atau SIAK milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dikembangkan lagi oleh Disdukcapil Kota Bogor.

Selain itu, Sitanduk juga berisi data penduduk Kota Bogor mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan hingga tingkat rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT).

Bahkan sesuai nama sesuai alamat penduduk (by name by address) yang diaplikasikan dalam diagram statistik untuk mempermudah pembacaan profil data penduduk mulai dari jumlah penduduk, jumlah kepala keluarga, struktur umur, jenis kelamin, jenis pendidikan, dan sesuai elemen data formulir permohonan kartu keluarga.

"Terakhir data yang masuk dalam Sitanduk sesuai dengan permintaan bapak wali kota. Yakni, jumlah angka perceraian yang datanya akan diminta dari Pengadilan agama," katanya.

Dodi menambahkan, untuk sementara waktu data Sitanduk belum bisa diintegrasikan dengan data SIAK yang ada di Kementerian Dalam Negeri.

(AS)
  1. Pelayanan
  2. Inovasi
KOMENTAR ANDA