MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Dirjen Otda wacanakan pemberlakuan ganjil - genap pada arus mudik

"Ini baru konsep, belum diputuskan, sehingga Brebes Exit bisa terkendali."

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Senin, 03 April 2017 19:58

Merdeka.com, Mesiotda - Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Sumarsono mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mencanangkan regulasi untuk mengurai kemacetan pada arus mudik lebaran 2017.

Hal itu diungkapkan Soni Sapaan akrabnya usai menghadiri rapat persiapan transportasi Lebaran 2017 di Kantor Kemenko Maritim.

Mantan Plt Gubernur Manado itu menambahkan beberapa alternatif pada rapat yang juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya.

Dia menjelaskan salah satu pilihan yang tepat adalah menggunakan sistem pengendalian arus lalu lintas di jalan tol berdasarkan nomor polisi ganji-genap.

"Bahkan kemungkinan akan diberlakukan konsep ganjil genap masuk tol. Ini baru konsep, belum diputuskan, sehingga Brebes Exit bisa terkendali," ujar Sumarsono di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Sumarsono menuturkan pihaknya mewakili dua kapasitas dalam rapat tersebut, Ditjen Otda sekaligus Plt Gubernur DKI Jakarta. Sebab, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) DKI Jakarta warganya paling banyak menyumbang pemudik yang memakai kendaraan.

"Konsumen terbesar adalah warga Jakarta karena mungkin kita sebanyak 80 persen akan pulang kampung," kata Sumarsono.

Dia pun berharap pada arus lebaran kali ini bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan apa pun. Selain itu, transportasi laut untuk mudik rencananya juga akan ditambah.

(AS)
  1. DKI Jakarta
KOMENTAR ANDA