MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. PILKADA

Ini momen unik di Pilkada menurut Mendagri

"Menurut saya, itu yang menarik. Tapi yang lain kita tunggu proses hasil KPU."

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Kamis, 16 Februari 2017 19:30

Merdeka.com, Mesiotda - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan adanya momen menarik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Menurutnya terdapat pelaksanaan Pilkada yang hanya diikuti satu pasangan calon melawan 'kotak kosong'.

Hal itu diungkapkan Tjahjo Kumolo saat melaporkan situasi pasca Pilkada serentak 2017 kepada Presiden Joko Widodo.

"Ada yang menarik, kotak kosong menang, dan itu di daerah padat penduduk, padat pemilih, hampir 1,5 juta, di Pati. Padahal partai yang mendukung banyak, tapi yang menang tetap kotak kosong," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Dalam catatannya, ada 9 daerah di Pilkada Serentak 2017 yang hanya diikuti oleh 1 calon. Para calon tunggal itu bertarung melawan kotak kosong untuk merebut suara rakyat dan, hasilnya, mayoritas dari mereka menang.

Dia menambahkan sembilan daerah dengan calon tunggal tersebut adalah Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pati, Kabupaten Landak, Kabupaten Buton, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Jayapura, Kabupaten Tambrauw, dan Kota Sorong.

"Menurut saya, itu yang menarik. Tapi yang lain kita tunggu proses hasil KPU," ujar dia.

Namun, menurut Tjahjo secara garis besar laporannya pada presiden lebih pada pelaksanaan Pilkada yang kondusif. "Kami tadi hanya melaporkan soal pelaksanaan Pilkada ini berjalan aman, di backup TNI, polisi, BIN, bagus semua," tuturnya.

(AS)
  1. Pilkada Serentak
KOMENTAR ANDA