MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. PILKADA

17 TPS di Tolikara belum lakukan pemungutan suara

"Sampai saat ini belum ada keputusan dan rekomendasi dari panwas tentang kapan pelaksanaan pemungutan suara susulan,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Kamis, 16 Februari 2017 10:02

Merdeka.com, Mesiotda - Tercatat 17 tempat pemilihan suara (TPS) di Kabupaten Tolikara,Papua hingga Kamis (16/2) pagi belum juga melakukan pemungutan suara.

Anggota KPU Papua Izak Hikoyabi kepada Antara mengatakan dari Tolikara bahwa ke 17 TPS yang belum melaksanakan pencoblosan terletak pada dua distrik atau kecamatan yakni Distrik Karubaga tercatat empat TPS dan sisanya Distrik Konda.

Untuk empat TPS di Distrik Karubaga, pencoblosan belum dilakukan disebabkan saat pencoblosan Rabu (15/2) petugas pemungutan suara (pps) tidak berada di TPS hingga pukul 11.00 WIT, termasuk TPS yang berlokasi di lapangan Merah Putih.

Sedangkan 13 TPS di Distrik Konda disebabkan terjadi tarik menarik antara pendukung pasangan calon dengan petugas sehingga pemungutan suara ditunda, kata Izak Hikoyabi yang mengaku masih berada di Tolikara memantau pencoblosan.

Para pendukung pasangan calon di Distrik Kondo tetap ngotot agar pencoblosan dilakukan di distrik namun KPU dan PPD tetap berkomitmen dilakukan di TPS-TPS yang sudah ditetapkan.

"Sampai saat ini belum ada keputusan dan rekomendasi dari panwas tentang kapan pelaksanaan pemungutan suara susulan," kata Izak Hikoyabi seperti dikutip Antara.

Izak mengatakan, pencoblosan baru akan dipastikan setelah ada rekomendasi panwas sehingga pihaknya berharap para pendukung pasangan calon tetap membantu menjaga keamanan.

Pilkada Tolikara diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yaitu Usman Genongga Wanimbo-Dinus Wanimbo, Amos Yikwa-Robeka Enembe dan John Tabo-Barnabas Weya.

(AS)
  1. Pilkada Serentak
KOMENTAR ANDA