MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Berlakukan E-Newbudgeting, Pemprov Jatim wacanakan smart province

"Penyusunan anggaran ini merupakan kreasi Pemprov Jatim untuk transparan dan pembelajaran secara konsisten," kata Soekarwo.

Gubernur Jatim Soekarwo. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Rabu, 17 Mei 2017 12:01

Merdeka.com, Mesiotda - Pada Perubahan Anggaran Belanja Daerah (PABD) Tahun Anggaran 2017, Pemerintah Jawa Timur akan memberlakukan e-Newbudgeting dalam pengelolaan keuangan. Pengelolaan ini terintegrasi dari E-Musrenbang, E-Planning dan E-SIKDA (Sistem Informasi Keuangan Daerah).

"Penyusunan anggaran ini merupakan kreasi Pemprov Jatim untuk transparan dan pembelajaran secara konsisten terhadap program prioritas pemerintah. Ini pertama di Indonesia," kata Gubernur Jatim Soekarwo dalam Rapat Koordinasi e-Newbudgeting di Ruang Rapat Lantai VII Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Selasa (16/5).

Ditambahkan dalam E-Newbudgeting, sistem pengelolaan keuangan terkoneksi satu sama lain, efisien dan termonitor antara hubungan perencanaan dengan Indeks Kinerja Utama (IKU) Gubernur. Dengan sistem ini, apabila terdapat ketidaksesuaian dengan program prioritas, akan mudah terkontrol, dapat dilakukan penelusuran dan koreksi secepatnya.

Pelaksanaan E-Newbudgeting baru dapat diakses atau dilihat oleh masyarakat setelah terwujud menjadi produk berupa peraturan gubernur, sedangkan prosesnya tidak terlihat karena memerlukan perbaikan-perbaikan dalan proses menjadi pergub tersebut.

Dalam proses sampai keluar produk Pergub tersebut, Gubernur Jatim mengharapkan agar para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan biro untuk langsung terjun menanganinya. Sebab, jika tidak, akan tertinggal dengan program-program yang ada di Pemerintah Jatim.

Bagi kabupaten/kota yang ingin menggunakan E-Newbudgeting dalam pelaksanaan anggaran, lanjut Pakde Karwo-sapaan Gubernur Jatim, Dinas kominfo Provinsi Jatim akan memberikan pelatihan.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan Pemprov Jatim, jelas Pakde Karwo, membangun smart provinsi. Caranya, menjaring data yang ada di 38 kabupaten/kota se-Jatim, khsusnya produk unggulan di daerah untuk dipertemukan dengan buyers melalui teknologi informasi. Tujuannya, membantu para pengusaha kecil menengah mengembangkan usahanya.

"Pemerintah harus melindungi pelaku usah kecil menengah dari gempuran globalisasi apabila menginginkan berjaya dalam pembangunan," paparnya lebih lanjut.

Dengan pemanfaatan IT tersebut, banyak keuntungan diperoleh. Diantaranya, efisien karena produsen dan buyer dapat langsung berhubungan, sehingga mengurangi ongkos distribusi. Dengan IT, manajemen juga terintegrasi, terkontrol, efektif dan terjaga keamanannya.

(MT/MT)
  1. Info Daerah
KOMENTAR ANDA