MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Atasi banjir, Pemprov Kaltara akan bangun kanal

Pembangunan ini akan menggunakan anggaran dari APBD 2017

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Senin, 22 Mei 2017 11:40

Merdeka.com, Mesiotda - Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie menilai pembangunan kanal dapat mengatasi banjir yang sering terjadi di Kabupaten Bulungan akibat luapan Sungai Kayan. Ia mengatakan, Pemprov Kaltara telah membangun kanal di belakang Pasar Indul Kabupaten Bulungan sepanjang 1 kilometer. Selanjutnya ditambah sepanjang satu kilometer dengan menggunakan dana APBD 2017.

"Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi atau meminimalisir banjir tahunan di ibu kota provinsi tersebut adalah pembuatan kanal," ujar dia melalui pesan singkatnya kepada Antara di Nunukan, Senin (22/5).

Pemprov Kaltara juga akan membangun kanal di Kawasan Raya Payau. Pembangunan masih dalam tahap pelelangan. Masalah banjir akan menjadi perhatian serius karena banjir sering melanda Kabupaten Bulungan terutama di Kecamatan Tanjung Selor.

"Pembangunan dua kanal ini baru sarana prasarana pengamanan dari abrasi dan pemeliharaan bantaran sungai," kata Irianto Lambrie.

Mengenai rehabilitasi dan pemeliharaan bantaran sungai dilakukan pada anak Sungai Kayan di Sabanar Lama dan Sungai Buaya. Sebab, kedua sungai telah mengalami pendangkalan yang menyebabkan daya tampung berkurang.

Gubernur Kaltara menyatakan, pada saat musim hujan debit air sangat besar sehingga perlu dilakukan pengerukan dan pemeliharaan bantaran pada kedua anak Sungai Kayan tersebut.

(MH/MT)
  1. Banjir
KOMENTAR ANDA