MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Ini target dan capaian fantastis dunia wisata Banjarnegara

"Pendapatan dari kunjungan wisatawan melalui penjualan tiket wisata hingga saat ini mencapai Rp 2,9 miliar," kata Dwi.

Ilustrasi wisata Banjarnegara. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Jum'at, 26 Mei 2017 13:19

Merdeka.com, Mesiotda - Sedikitnya 1,5 juta wisatawan ditarget berkunjung ke Banjarnegara pada 2017. Mengingat berbagai upaya pemasaran hingga pembenahan sarana dan prasarana terus digencarkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Dwi Suryanto mengaku optimistis mampu lampaui target tersebut. Hingga Mei 2017, jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sudah mencapai 230.380 orang.

"Pendapatan dari kunjungan wisatawan melalui penjualan tiket wisata hingga saat ini mencapai Rp 2,9 miliar. Itu baru di objek wisata Serulingmas dan Dieng, belum objek wisata yang dikelola swasta," katanya, kemarin.

Suryanto yakin pemenuhan target itu mengacu keberhasilan pelampauan target wisatawan pada tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, 2016, kunjungan wisatawan di Banjarnegara satu juta orang.

Jumlah ini lebih banyak dua kali lipat dibanding target yang ditentukan tahun sebelumnya. Selama tahun 2016, pihaknya memasang target sebanyak 550 orang pengunjung. "Nanti libur Lebaran pengunjungnya pasti meningkat," kata dia.

Sementara itu, untuk event tahunan, Pemkab menyiapkan Dieng Culture Festival (DCF) 4-6 Agustus mendatang. Tahun ini juga digelar Festival Serayu yang menyuguhkan berbagai kesenian Banjarnegara, termasuk parade budaya, dan pesta parak iwak.

"Untuk tahun ini ada sejumlah penyempurnaan untuk pagelaran DCF yang sudah dimasukkan sebagai event nasional. Pembenahan-pembenahan dilakukan supaya kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banjarnegara," kata dia.

(MT/MT)
  1. Pariwisata
KOMENTAR ANDA