MESIOTDA Media Interaksi Otonomi Daerah
  1. MESIOTDA
  2. INFO AKTUAL

Badung rancang terobosan baru di bidang pertanian dan pariwisata

"Artinya proses pertanian mulai dari membajak sawah, wisata panorama sawah yang akan dijual untuk konsumsi pariwisata,"

©2017 Merdeka.com Editor : Anton Sudibyo | Kamis, 13 April 2017 13:40

Merdeka.com, Mesiotda - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, merancang terobosan pertanian tradisional yang bersinergi dengan kegiatan pariwisata (agrowisata). Hal ini dilakukan untuk menambah pendapatan petani di daerah itu.

"Kami ingin membangun pertanian kontemporer yang bersinergi dengan pariwisata untuk menambah pendapatan para petani di Badung," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Kamis (13/4).

Sebagaimana dikutip dari Antara, dengan upaya ini, kata pria asal Desa Plaga, Kecamatan Petang itu, akan membuat petani lebih sejahtera, selain mendapatkan hasil produksi pertanian yang dilakoninya dan bangga menjadi petani.

Mantan Ketua DPRD Badung itu juga menilai, dengan sinergitas kedua sektor ini petani secara tidak langsung mendapatkan kontribusi langsung dalam sektor pariwisata dan pertanian. "Artinya proses pertanian mulai dari membajak sawah, wisata panorama sawah yang akan dijual untuk konsumsi pariwisata," ujarnya.

Langkah lainnya yang dilakukan Pemkab Badung untuk meningkatkan kesejahteraan petani, dengan memberikan bantuan mulai hulu, tengah, dan hilir.

"Di hulu, petani akan memperoleh bantuan bibit, pupuk dan sebagainya. Di tengah, petani akan memperoleh bantuan teknologi dalam proses budi daya, serta di hilir pemerintah merancang aplikasi khusus di sektor pertanian," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya aplikasi pertanian ini akan ditampilkan secara "online" harga pasar produk pertanian. "Apabila harga hasil panen di bawah harga pasar, semua hasil produksi petani akan dibeli pemerintah dalam hal ini Uni Pengelola Pangan Daerah (UP2D). "Namun, apabila harga pangan di atas harga pasar, itu menjadi hak dan keuntungannya petani," katanya.

Selain itu, Pemkab Badung memberikan proteksi bagi petani melalui program asuransi pertanian, apabila petani di daerah itu gagal panen. "Petani akan memperoleh ganti rugi lewat asuransi," katanya.

(AS)
  1. Pertanian Modern
  2. Pariwisata
KOMENTAR ANDA